MEMBUAT KANDANG AYAM

  "kandang ayam" pernahkah  kata-kata itu terbayangkan dibenak anda? Dan bagaimana membuatnya?
  mungkin inilah  pertanyaan yang paling sering terpikirkan oleh banyak orang yang baru memulai dengan bisnis ayam atau hanya sekedar hobi dengan ayam.
Yah untungnya membuat  kandang ayam yang unik bukanlah hal yang paling sulit sesulit membuat pesawat tempur, tapi juga bukan hal mudah semudah membalikkan telapak tangan.

  Dalam membangun kandang ayam yang unik  banyak sekali faktor yang harus diperhatikan,
diantaranya
 anda harus memperhatikan dan menyediakan apa yang dibutuhkan oleh ayam.Seperti pakan,air,tempat pakan dan air,dan yang terakhir adalah kandang ayam.untuk  menjaga kelangsungan hidup mereka  sehingga kita bisa mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan.oleh karena itu,anda  harus menyediakan  sarana –sarana  tersebut dan pastikan sarana itu sudah  tersedia dengan baik setiap saat.

1.pakan
  pakan ayam harus anda perhatikan  kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya agar  ayam anda dapat hidup sehat dan tidak rentan terhadap penyakit.tidak semua pakan ayam yang djual dipasaran baik untuk ayam anda.perhatikan pakan apa yang cocok untuk ayam anda.perlu kesabaran dan ketelitian karena hal ini membutuhkan waktu.
2.air.
 air harus anda kontrol setiap saat.tidak hanya manusia yang membutuhkan air,ayam pun demikian karena ayam juga bisa mengalami dehidrasi.
3.tempat pakan
 ketika sedang buang air besar ,ayam memiliki kebiasaan buruk yaitu buang air besar dalam tempat makanan mereka.hal ini harus anda atur supaya tidak terjadi hal seperti demikian. Anda bisa memilih tempat  makanan yang  bisa mempersulit/mencegah  ayam  membuang air besar disana .dan dalam hal ini kawat  jeruji   akan sangat berguna .dan akhirnya kandang ayam anda akan selalu bersih
4.tempat air
   Jika mereka bisa Hal itupun juga akan terjadi pada air, ,mereka pasti akan mendorong tempat tidur dan makanan kedalam air.Oleh karena itu,cobalah untuk menempatkan tempat air  lebih tinggi sehingga mereka tidak bisa bermain  dengan itu tetapi  tetap masih bisa mencapainya .
 
Luangkanlah  waktu beberapa hari untuk memilih dispenser air/tempat minum,karena ada banyak sekali dispenser air otomatis  diluar sana yang akan melakukan hal itu.persiapkan  biaya dahulu sebelum membeli ,perhitungkan harganya lalu pilihlah sesuai dengan selera  dan sesuai dengan rancangan bahtera  ayam anda.
3.
kandang ayam
hal yang tidak kalah penting yang harus anda perhatikan adalah kandang ayam.
untuk bahtera  ayam ada banyak sekali hal hal yang perlu anda perhatikan apalagi jika anda ingin membuatnya sendiri.diantaranya
bahan baku
kandang ayam,
ukuran dan desain
kandang ayam,
suhu
kandang ayam,serta
keamanan,

    a.bahan baku
cari dan pilihlah bahan baku yang kuat dan tahan lama.dan ingat bahan baku yang baik tidak harus mahal.banyak sekali  bahan baku yang murah namun masih bisa membuat kandang ayam anda terlihat mewah.maka pandai pandailah memilih.

   b.ukuran dan desain
kandang ayam
kandang ayam yang  besar  lebih baik daripada kandang ayam yang terlalu kecil.anda bisa membuat  roots yang cukup besar  dan menarik supaya ayam bisa bergerak bebas didalamnya. jika hal ini terabaikan  dapat dipastikan kalau  telur telur yang mereka hasilkan akan pecah karena terinjak oleh mereka sendiri.pasti anda juga tidak ingin hal itu  terjadi bukan?

   c.suhu kandang ayam
yang tidak kalah penting  dalam setiap kandang ayam adalah isolasi.disuatu daerah yang sedang mengalami musim dingin yang keras dibutuhkan dinding kandang ayam yang harus terisolasi.Pada saat itu terjadi anda tidak mungkin membiarkan ayam bekeliaran diluar karena pasti sangat dingin diluar sana.maka dibutuhkan penutup kandang ayam dari luar selama berbulan bulan.anda bisa membuat sebuah pintu yang bersegel untuk menjaga suhu ruangan  dalam kandang ayam anda agar ayam masih bisa menghirup udara bersih.
   d.keamanan
tempatkan
kandang ayam anda pada lokasi yang aman.karena ayam  juga membutuhkan perlindungan,baik dari predator maupun dari hal hal lain.

  Jika anda ingin mempunyai sebuah
kandang ayam banyak sekali pilihan yang ada,yaitu pilihan termahal,pilihan sedikit murah dan pilihan termurah.

Pilihan termahal adalah membelinya utuh.
pilihan ini adalah pilihan yang paling gampang dan paling cepat.anda tinggal menyediakan uang lalu tentukan barangnya  yang sudah tersedia ditoko-toko.
pilihan yang sedikit murah adalah pra-fabrikasi tetapi dalam hal ini  anda diharuskan  mengontrol semua prosesnya.merencanakan dan mendesain  serta mengatur biaya dengan  efektif sendiri untuk
kandang ayam anda..
Langkah termurah adalah dengan membuatnya sendiri. Tetapi ada banyak sekali pertimbangan yang harus diperhatikan.Perlu diketahui bahwa Membangun kandang ayam adalah sebuah proyek yang menyenangkan, produktif, efisien biaya,yang pasti  dan sangat memuaskan.

Bahkan untuk membuatnya,anda hanya diharuskan  mempunyai sebuah rencana yang tersusun dengan baik dan tidak harus mempunyai uang yang banyak.karena  salah satu kunci agar anda bisa menyelesaikan kandang ayamdengan baik adalah dengan perencanaan yang sangat matang.

  Saat ini sudah banyak sekali orang yang memlihara ayam.dengan berbagai macam alasan diantaranya banyak yang memulainya untuk usaha kecil atau usaha sampingan,adapula yang memang sumber penghasilan utama,ada yang memang dilakukan karena mereka hobi.
  Membangun kandang ayamsendiri adalah salah satu langkah awal bagi orang yang berniat memulai memelihara ayam dari mulai beberapa ekor saja dan mempebanyaknya dikemudian hari.walaupun tidak sedikit orang yang lebih suka membeli kandang ayamkarena ingin lebih cepat.akan tetapi membangun kandang ayamsendiri pasti lebih memuaskan dalam jangka panjang

semoga bermanfaat…
dan selamat berkreasi….




rudi

Tidak ada komentar: